Kamis, 06 Juli 2017

Pengertian Pohon Karir dan Pohon Harapan

          A.                PENGERTIAN POHON KARIR
Pohon karir merupakan alat atau media untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir untuk memilih, menyiapkan diri, mencari, dan menyesuaikan diri terhadap karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya sehingga dapat mengembangkan dirinya secara optimal sehingga dapat menemukan karir yang efektif dan memberikan kepuasan dan kelayakan.
          B.                 PENGERTIAN POHON HARAPAN
         Pohon harapan merupakan alat atau media untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan bidang belajar yang dapat menumbuhkan motivasi belajar yang menjadikan siswa sosok yang memiliki impian dan harapan hidup di masa yang akan datang.
          C.                TUJUAN UMUM POHON KARIR DAN POHON HARAPAN
       Tujuan umum adalah membantu siswa dalam pemahaman dirinya dan lingkungannya dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan pengarahan keputusan perencanaan, dan pengarahan kegiatan-kegiatan yang menuju kepada karir serta harapan dan cara hidup yang akan memberikan rasa kepuasan karena sesuai, serasi, dan seimbang dengan dirinya dan lingkungannya.
D.              TUJUAN KHUSUS POHON KARIR DAN POHON HARAPAN
1.          Meningkatkan pemahaman diri siswa.
2.          Meningkatkan pengetahuan siswa tentang dunia kerja.
3.          Membina sikap yang serasi terhadap partisipasi.
4.          Meningkatkan kemahiran berpikir agar mampu mengambil keputusan.
5.          Mengembangkan nilai-nilai sehubungan dengan gaya hidup yang dicita-citakan.
          E.                 FUNGSI POHON KARIR DAN POHON HARAPAN
1.             Fungsi persiapan
Guru memberikan informasi mengenai perguruan tinggi atau studi lanjut yang didapatkan oleh siswa.
2.             Fungsi pencegahan
Guru dapat memberikan bantuan agar siswa tidak kesulitan di dalam memahami tentang dirinya sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga mencegah siswa salah dalam menentukan langkah-langkah dalam menemukan karir yang di kehendaki.
3.             Fungsi penempatan
Guru akan membantu penempatan para siswa pada bidang atau jenis pendidikan, misalnya dalam hal penjurusan atau pelatihan dan pekerjaan sehingga dapat mengambil keputusan sendiri secara bijaksana.
4.             Fungsi penyesuaian
Guru pembimbing membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.
5.             Fungsi pengembangan
Guru membantu siswa dalam mengembangkan seluruh pribadinya secara terarah dan mantab pada minat kerja.
           F.                 PRINSIP-PRINSIP BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH
1.          Seluruh siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya dalam pencapaian karirrnya secara tepat.
2.          Setiap siswa harus memahami bahwa karir itu adalah sebagai suatu jalan hidup, dan pendidikan adalah sebagai persiapan dalam hidup.
3.          Siswa hendaknya dibantu dalam mengembangkan pemahaman yang cukup memadahi terhadap diri sendiri dan kaitannya dengan perkembangan sosial pribadi dan perencanaan pendidikan karir.
4.          Siswa secara keseluruhan hendaknya dibantu untuk memperoleh pemahaman tentang hubungan antara pendidikannya dan karirnya.
5.          Setiap siswa hendaknya memilih kesempatan untuk menguji konsep, berbagai peranan dan keterampilannya guna mengembangkan nilai-nilai dan norma-norma yang memiliki aplikasi bagi karirr di masa depan.
          G.                PROSES PELAKSANAANNYA
1.          Kegiatan ini di beriakan dalam bentuk kelompok.
2.          Anggota kelompok terdiri dari 5-8 anggota kelompok.
3.          Pemilihan anggota kelompok dipilih secara acak yaitu berdasarkan hasil assessment guru BK.
4.          Pilih 3 orang siswa yang motivasi belajarnya rendah, nilai rapport rendah, dan memiliki banyak alpa dipresensi. Selanjutnya dipilih 5 siswa lagi yang presensinya bagus.
5.          Kemudian disatukan dalam satu kelompok metode pembentukan kelompok agar siswa lebih bersosial dan saling bertukar pendapat.




1 komentar: